Resep Kebab 

Kali ini tetiba saya ingin masak pizza yg beda dr biasanya. Beda krn sy pungin masak persis sesuai resep di buku. Loh kok ngomongin pizza? Kan kita bahas kebab??

Hehe, maklum keinginan yg tak tersampaikan, dicritain dulu ga papa ya.. 

Jadi, biasanya (kayaknya pernah cerita di postingan2 sblmnya) selama ini yg saya lakukan adalah menggunakan bahan seadanya, kalau bahan yg di resep tidak ada maka sy asal substitusi dg bahan lain seadanya drpd beli, kalau ada bumbu yg ga punya, skip aja hahaa.. 
Nah, kali ini ingin bener2 ngikutin resep. Why? Jadi ceritanya baru aja punya buku resep baru yg dibeli pas cuci gudang gramedia. Pas itu kalap beli buku resep macem² mumpung all items only @5K. Akhirnya ke supermarket andalan super*ndo deket rumah utk beli bahan yg belum ada: tomat, tepung protein sedang, serta bumbu rosmarry dan basil. Tapi sampai  di sana, tetoooot, tomatnya masih ijo-ijo, basilnya sdg kosong, rosmarry ga ada. Cuma dapat tepung doang. Bete puoool. 

Pulang ke rumah terus cm duduk males. Gagal. Mana ga ada camilan apa2 di rumah. Di kulkas jg lg ga lengkap.. 

Eh, tp pas obrak abrik kulkas, inget kalau masih punya kulit tortila. Akhirnya kepikiran bikin kebab. Kebab ala-ala karena kebab kan makanan middle east gitu ya.. tp aku isi dengan isian bercitarasa italia karena males aja sih searching2 resep kebab, mending pakai bumbu andalan..haha.

And taraaaaa… Ini nih penampakannya..

Ini resep Kebab Ala ala nya yaa.. 

Seadanya banget pokoknya, maksudnya seadanya bahan dan bumbu di kulkas hehe. Krn cm menghabiskan stok daging giling sisa masakan ibu yg tinggal seuprit banget, makanya ini resep utk 1 porsi aja ya.. 

Bumbu:

  1. Bawang bombai 1/2 buah yg kecil aja, cincang.
  2. Bawang putih  1 siung, cincang.
  3. Garam 1/2 sdt
  4. Gula pasir 1/2 sdt
  5. Merica atau lada putih 1/2 sdt. Diganti pakai lada hitam juga enak, aku pakai lada hitam 1/2 sdt jg. 
  6. Italian seasoning 1/2 sdt. (Kalau ga punya bisa diganti dg oregano dan basil masing² sejimpit atau 1/2 sdt).

Bahan:

  1. Daging sapi giling/cincang 30-50 gr (terserah sih, kmrin aku ga nimbang, kira2 antara segitu)
  2. Kacang polong beku 30 gr, direndam di air panas agar empuk krn kcg polong beku itu kalau sdh di-thawing udah empuk tanpa direbus.
  3. Tomat 1 buah kecil. Krn kbetulan ga punya tomat biasa, tp punya pohon tomat cerry yg sedang berbuah akhirnya pakai tomat cerry 4 buah. 
  4. Kulit tortila siap pakai. Beli di supermarket banyaak. Aku dulu beki di Intisari, semacam TBK terbesar gitu di jogja.

Pelengkap:

  1. Saus sambal
  2. Mayonaise

Cara:

Tumis bawang putih dan bwg bombai dengan api kecil, sampai harum. Masukkan daging giling, dan aduk² sampai merata. Masukkan italian seasoning, garam, merica, dan gula. Bumbu ini sebenernya takarannya sesuai selera saja. Jika suka asin, garamnya ditambahi. Gula fungsinya utk penyeimbang rasa. Karena saya suka agak manis, maka saya tambahi gulanya sedikit lagi. Untuk italian seasoning jg terlalu kebanyakan krn rasanya jd aneh ntar.. Aduk² jangan sampai gosong ya.. dan pastikan dagingnya matang. Kalau mau ada rasa asam²nya dikit, masukkan tomat sedikit dan hancurkan di situ. 

Jika rasa sudah enak, matikan api. masukkan kacang polong suoaya campur dg bumbu saja. Tomat boleh diiris dadu dan dicampur di sini juga, atau ga perlu dicampur di sini jg ga papa. 

Nah, kemudian kulit tortila yg siap pakai tadi dipanaskan di teflon. Panaskan sebentar saja jgn sampai coklat ya, nanti ga bisa dilipat atau digulung krn kaku dan pecah deh.. 

Letakkan tortila di piring dan masukkan filling yg tadi kita masak ke atas tortillanya. Tambahkan potongan tomat dadu jika td belum ada tomatnya. kemudian beri mayonaise dan saus di atasnya. Kalau punya selada, seladanya di taruh di bawah sendiri ya sebelum filling nya dimasukkan. 

Lalu dilipat atau digulung sesuai selera anda.. tp kalau fillingnya banyak, lebih mudah dilipat drpd digulung. 

Dan kebab siap di santap…

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s