Sakit Gigi

Ini kali pertama saya sakit gigi dan sampai harus ke dokter gigi. Di usia remaja akhir-dewasa gigi geraham akhir mulai menunjukkan keberadaannya. Sama halnya dengan gigi saya. Sudah mungkin 2 tahun si geraham bandel ini malu malu mau keluar. Jadi sampai skrg yg keliatan cm separo aja. Yg separonya lagi masih ketutup gusi. 

Ini nih yg suka bikin sakit gusi belakang

Nah, ini yg bikin masalah. Kemunculnnya yg ga kunjung tuntas ini sering kali menyebabkan gusi belakang atas bawah bergesekan dan menimbulkan peradangan. Sakit gitu kalau buat makan. Tapi alhamdulillah hanya berlangsung 2-3 hari tanpa luka yang berarti. 

Nah, 2 hari yg lalu tiba2 rasa sakit itu muncul lagi.. saya biarkan saja toh biasanya jg sembuh sendiri. Eeeeh.. siapa sangka paginya saat selesai wudhu mau sholat subuh, pas ngaca gitu, (sempet ya ngaca sbeleum sholat haha, maklum ada cermin sih di depan kamar mndi), shock melihat muka sendiri pagi2 buta itu. Bukan krn sy ga cantik ya.. hihii.. tapi krn dlm semalam saya bertambah chubby. Kok bisa! 

Saya amat amati wajah saya yg berubah chubby itu..geli sendiri gitu. Dan setelah saya pegang dan tekan tekan pada pipinya yg keliatan aneh itu, sakit! Ow, jadi saya ini bukan tumpukan lemak, tp ini bangkak sodara sodara. Shock saya, baru kali ini bengkak gegara ulh geraham belakang. 

Instropeksi dirilah saya, kenapa bisa sampai kambuh lagi sakit di geraham belakang ini, bahkan sampai bengkak. Kalau harus flasback bbrp hari terakhir, entah ini ada kaitannya atau tidak, yg terjadi pada saya adalah stres. Iya, saya mengalami stress dlm bbrp hari terakhir. Too much worry, too much thinking, and too much sadness. 

Sudah banyak penelitian yg menjelaskan bahwa stress sangat mempengaruhi kesehatan seseorang. Bahkan setaun yg lalu saya juga melakukan penelitian ttg stress, darah tinggi, dan MDA. Baik itu psychological stress ataupun physical stress. Dan hasilnya jelas2 menunjuukan nilai yg buruk pada kelompok yg diberi paparan stress (dg model hwn coba). Sebenernya, bbrp waktu lalu saat sdg stress saya inget penelitian saya itu dan banyak penelitian lain yg prnh sy baca, lalu mencoba menenangkan diri agar ga kena dampak negatif nya. Krn efek buruknya bisa sampai ke arah cardiovaskular disease je jika berlangsung lama (stres kronis). 

Krn saya masih sayang tubuh saya, dan ga mau mendzolimi nya, akhirnya.. kalau stres muncul langsung cepat-cepat istighfar, cepat2 melakukan hal2 yg bisa mengalihkan diri dari stress. Itu adl salah satu cr memanage stress. 

Ibu saya tau banget, kalau saya stress sudah pasti dan akan selalu kejadian yaitu muncul sariawan. Dulu sy pikir sariawan saya itu krn krg vit c (kan pelajaran dr Sd-SMA kan bilangnya gitu ya..). Tapi ini frekuensinya sangat tinggi, nyaingin haid yg datang tiap bulan. Jd, sy anggap ibu sy benar. Dan benar adanya, bbrp waktu lalu, gusi depan atas mulai perih, setelah dicek ternyata sudah ada sariawan kecil disitu. Nahhh, bener nih udah mulai bermunculan tanda2 fisik akibat stress. Mulai dari menyadai ini, saya langsung hati2.. tapi sepertinya terlambat, 2 hari setelahnya mulailanh nyeri di gigi geraham belakang itu muncul dan akhirnya bengkak!

Yaah, semua ada hikmahnya.. sedih boleh, tp jangan over sedih.. ntar bisa depresi lo. Stress boleh, krn dr penelitian stress dlm jmlh yg tepat itu bermanfaat, tp kalau berlebihan bisa menimbulkan depresi, anxiety, pusing, nyeri, gangguan nafsu makan, gangguan pencernaan, dan gangguan hormonal lainnya. 

Hikmahnya adalah, ya itung2 pengalaman periksa ke dokter gigi. Walaupun pernah ke dokter gigi tapi kan bukan krn sakit, tp sekedar bersihin karang aja. Dari sini sy jadi tau, periksa gigi di puskesmas/klinik umum itu meski antrinya cuma 2 atau 3 org… beuuuuuh nunggunya setara dengan belasan org antri di poli umum. Jadi, kalau pas daftar ke poli gigi kamu tanya “saya nomor berapa mbak?” Dan dijawab “nomer 3 mbak”, please jangan bahagia dulu. Bahagia itu kalau km bis dpt antrian pertama di poli gigi. Ingat itu.

Hikmah selanjutnya adalah, Allah sengaja ingin melihatkan kpd saya bahwa di antara hambanya yg lalai, masih banyak hambanya yg mengingatnya. Maksudnya, Allah menunjukka pd sy slh satu sosok dokter yg baik. Jadi, ketika mau mulai meriksa, hal pertama yg dilakukannya adalah baca bismillah dulu. Selama ini saya blm pernah diperiksa sama dokter dan mereka akan baca bismillah dulu sblm meriksa. Ramah pula. Saya sering periksa, baik puskesmas, klinik, atau RS.. dokternya itu lo.. pelit ngomong, mana muka datar lagi, dan ga njelasin apa2 cuma kasih resep dan udah selesai.. huuuft. Yaa.. yaa.. mungkin saking banyaknya pasien jadi capek kali ya.  Oke kembali ke awal, sy yakin masih banyak juga yg baik sperti yg sy ceritakan di awal,, cm masalahnya sy blm pernah mengalaminya sebelumnya. Jadi, dari sini saya mulai merasa senang, masih banyak lo dokter yg baik dan selalu ingat Allah saat menjalankan praktek. Karena jujur saja, slm 2 tahun terakhir ini saya dicekoki berita2 yg jelek melulu sehingga terbentuk stereotip jelek. 

Hikmah lainnya, saya sekarang sedikit mengerti kenapa org2 sering bilang lebih baik sakit gigi drpd sakit hati. Sakit gigi aja sakitnya kayak gini lo, kepalanya nyut nyutan, bahkan saya sampai demam, lalu pas nyerinya sampai ubun2 rasanya hilang konsentrasi, tangan gemetar saking nahan sakitnya. Lebai ya? Iya keliatannya lebai, tp itu yg saya alami semalam saat nunggu antrian di poli gigi. Kalau sakit gigi segitu parahnya, gimana sakit hati? Makanya itu, saya tdk mau main2 sama yg namanya hati. Banyak kejadian sampai bunuh diri gegara tdk kuat menahan sakit hati. Tp udah pada tau gitu, eeh masih aja pada main2 sama hati. Ya begitulah manusia ya.. semakin mendekat bahaya, semakin seru katanya.. 

Kalau saya sih mending jauh2 lah.. krn saya pasti ga kuat kalau hrs nanggung sakit hati.. hehe.. Kalau mau serius ya monggo, kalau cm main2 maaf mending tidak usah ya..  (loh haha). Sudahlah ini sudah melantur.. 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

