Berubah itu Butuh Usaha

Yay!! Aku baru saja selesai menonton dorama setelah sekian dekade tidak nonton. hahaa.. lebai memang, tapi buatku yang dulu bisa sering sekali nonton lalu tiba-tiba sama sekali tidak punya waktu untuk nonton itu rasanya seperti lamaaaaaa banget. oke tidak perlu bahas yang ga penting, aku mau sedikit cerita tentang dorama jepang yang aku tonton.

Aneh ya memang.. dari sekian banyak drama korea yang merebak dan merasuk bak heroin dan sabu-sabu -menyenangkan, mempesona,melambungkan angan-angan-, tapi aku justru melihat dorama jepang yang kalau dilihat pemain nya sangat kalah jauh dibandingkan aktor dan aktris korea.

Mungkin drama jepang memang kalah laku dibandingkan drama korea yang punya segudang artis kece. Tapi, soal jalan cerita, pesang yang ingin disampaikan, bagiku drama jaepang juaranya. Ntah ya.. tapi itu yang kurasakan jika nonton drama jepang meskipun seringkali adegan-adegan yang ada tidak masuk akal, tapi tertutupi dengan jalan ceritanya.

Yankee-kun to megane-chan

Judul salah satu dorama yang barusan selesai kutonton. Untuk sinopsisnya cari sendiri yaa, apalagi untuk film nya, liat aja di youtube ada kok. lebih cepet lihat di youtube daripada situs drama onlineūüėÄ hehe..

yang bisa bhs jepang, bisa tolong terjemahkan? hehe.. Yankee itu istilah gampangnya preman.

Inti dari cerita ini adalah seorang preman SMP yang ingin berubah menjadi normal ketika SMA, jadi orang biasa, jadi orang baik-baik. seperti layaknya sebuah film, di sini juga ada tokoh sentral yang jadi inti cerita ini yaitu Daichi Shinigawa dan Adachi Hana.

Shinigawa itu adalah yankee paling hebat di daerahnya. Dia orang yg paling dicari oleh yankee lain hanya untuk mengecek kehebatannya. Gak penting ya, ya tapi itulah kehidupan keras jalanan, kekuasaan dilihat dari kekuatan. Dia jadi incaran semua yankee karena suatu hari, dia ada di posisi menyelamatkan sobatya yang disekap segerombolan yankee. Nah rumor berhembus dia secara sendirian dapat mengalahkan segerombolan yankee itu, padahal kenyataan yang sebenarnya adalah ketika dia datang ke tempat penyanderaan, semua yankee telah dihajar oleh yankee terhebat saat itu yang bernama Hurican Ada (seorang yang misterius). Namun, karena yg ada di TKP adalah Shinigawa, jadilah dia yang dianggap sebagai Hurrican Ada. sejak itu, satu persatu yankee mendatanginya hanya untuk adu kekuatan.

Sebenarnya Shinigawa ini ga mau jadi yankee, dia tidak suka berkelahi, namun karena para yankee selalu datang dia pun selalu meladeni. Oke, jadi dapat disimpulkan bahwa Shinigawa tidak pernah memulai perkelahian yang tidak penting terlebih dulu. Dia hanya selalu meladeni setiap preman yang menantangnya meskipun sejujurnya dia tidak mau.

Namun, orang lain mana peduli, yang mereka lihat Shinigawa suka berantem berarti dia preman, berarti dia anak nakal. Right?

Yah, begitulah publik.. mereka hanya akan melihat apa yang dengan jelas terlihat oleh mata. Jadi, sebenarnya kita ga perlu mengikuti persangka publik, karena akan capek sendiri. Kita berbuat ini salah, berbuat itu salah, padahal buat kita itu sudah benar. Right? Maka,

be yourself..

Saya suka sama (sebagian) karakter Shinigawa karena dia hidup sebagai dirinya sendiri. Dia tidak pernah berpura-pura. Jika dia tidak suka, maka dia akan bilang tidak suka. Namun, sayangnya dia tidak pernah berusaha menunjukkan kepada orang lain bahwa dirinya itu tidak seperti prasangka orang-orang. Dia tidak suka berkelahi, tapi dia tidak pernah berusaha untuk menolak berkelahi.

Dia tidak punya teman karena itu, dia dijauhi teman karena ke-preman-an nya. tapi dia tidak berusaha untuk menjalin pertemanan dan menunjukkan pada temannya kalau dia itu sebenarnya baik. Dia memilih untuk diam, dan lebih baik menyendiri. lebih baik diam daripada sibuk mengklarifikasi sikapnya.

Adachi Hana, teman satu kelasnya. yang juga satu-satunya orang yang mau mengajukan diri sebagai ketua kelas, di mana tidak ada yang mau sama sekali jadi ketua kelas. Penampilan kuno, berkepang dua, dan berkaca mata. Selalu menunjukkan antusiasme ketika Wali Kelas mencari perwakilan kelas untuk urusan apapun. Bahkan ketika pencalonan Ketua OSIS, dia satu-satunya yg antusias mengajukan diri dari kelasnya dan akhirnya terpilih jadi ketua OSIS.

Memang pada awalnya tidak dipercaya sama temannya, karena terkesan sok-sok an. namun usahanya lambat laun menuai hasil, karena dia memang tulus ingin membuat kenangan di masa SMA, dia tulus ingin berteman dengan yang lainnya, dia tulus ingin membantu teman agar bisa nyaman menjalani kehidupan di sekolah, dia tulus berkorban demi temannya.

Berbeda bukan dengan Shinigawa?
padahal kalau kamu tahu, Adachi hana ini adalah seorang preman (mantan) paling ditakuti.
Dialah Hurrican Ada, preman paling dicari, preman paling kuat di daerah itu. Tapi, dia memutuskan untuk tobat, dan ber-ikhtiar untuk jadi gadis baik-baik seperti gadis normal lainnya. Dia ingin punya teman, dia ingin hidup layaknya gadis normal seusianya.

Yup, sama-sama tidak mau jadi preman, sama-sama ingin jadi orang baik, tapi yang satu ada usaha keras, namun yang satunya –> nothing. Dan orang pun bisa menilai, meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama, namun lambat laun orang akan percaya dan luluh juga dengan kebaikan.

Yaa,, seperti Qur’an Ar-Ra’du ayat 11 ya..

“… Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri..”

Keren banget ga sih? gampangnya gini nih, “kalau kamu¬†mau berubah, ya usaha! jangan cuma diem aja nunggu perubahan itu terjadi pada dirimu secara tiba-tiba”. Kalau kamu mau orang lain melihatmu sebagai orang baik, maka tunjukkanlah sikap baik mu. Jangan suruh orang menilaimu baik padahal yang keluar dari sikapmu buruk semua.

Kalau prasangka orang lain terhadap kita itu salah, maka tunjukkan dengan sikap kita ke mereka kalau apa yang mereka sangka kan kepada kita itu salah! Kita bisa kok ga perlu banyak bicara, asal sikap kita itu mencerminkan diri kita,, maka kita ga perlu susah payah menginformasikan pembenaran, tapi cukup dengan sikap kita dan orang lain akan menilai sendiri mana yang baik dan mana yang buruk.

Scene yang paling keren adalah scene di episode akhir ketika Adachi Hana harus membongkar jati dirinya di masa lalu ke seluruh sekolah.

Yup, ketika kamu hampir berhasil mencapai sesuatu, kemudian tiba-tiba ada yang menjegal kamu, dan akan menguak semua kejelekanmu di masa lalu, yang itu jelas akan menggagalkan atau menyulitkanmu dalam mencapai cita-citamu, dan meruntuhkan usahamu sejak awal. Namun di saat itu, ada temanmu yang berkorban demi kamu, menggantikan posisimu, sehingga efek buruk itu tidak menimpamu namun menimpa temanmu. Dan jelas, temanmu yang akhirnya gagal mencapai cita-citanya gara-gara itu?

kalau kamu ada di posisi itu, apa yang kamu rasakan?

SEDIH.. bingung, merasa tidak berguna, dan merasa sangat sangat bersalah.

Ini scene paling keren, di mana tiba2 muncul segerombolan preman asing yang mencari Hurrican Ada, di Sekolah.

Adachi Hana harus memilih, menghadapi mereka yang berarti scr tidak langsung mengungkapkan identitas aslinya sebagai seorang yankee. Konsekuensinya dia akan dipecat sebagai ketua OSIS. Itu sih ga masalah, namun kepercayaan teman-temannya yang sudah mulai tumbuh jelas akan hancur lebur. Usahanya untuk menjadi gadis normal seakan sia-sia selama ini. Karena setelah itu pasti teman-teman akan memandangnya berbeda, bahkan mengucilkannya. Namun, dia harus memilih ini, karena kalau tidak jelas hanya Shinigawa yang paling mungkin maju menghadapi preman-preman tsb, dan Shinigawa tidak hanya akan dipecat dari OSIS tapi dikeluarkan dari sekolah karena sebelumnya sudah mendapatkan SP terakhir.

Atau diam saja? Namun ini ga gentle sekali.. diam saja, dan membiarkan preman mengamuk di sekolahnya? Akhirnya dia memilih untuk mengaku, namun di saat yang sama Shinigawa melarangnya, karena dia tidak ingin usaha Adachi untuk menjadi seorang gadis normal sia-sia, mending dia yang tidak berguna ini yang menanggung akibatnya.

Wuaaah ini keren ga sih? Dari sini ada banyak pelajaran yang bisa diambil..

1. kalau kamu tulus berteman dengan seseorang, kamu baik padanya, kamu suka membantunya, kamu tidak pernah memandangnya sebelah mata meskipun orang lain melakukannya, maka suatu saat dia akan dengan sangat ikhlas berkorban untukmu.

2. Jika kamu kerja keras, gigih, dan benar-benar ingin berubah menjadi orang yang baik, maka akan ada orang lain yang luluh dan dia rela mengorbankan dirinya agar kamu tidak kembali lagi ke jalan yang sesat.

3. Ketika kamu berada dalam posisi serba sulit, maka berusahalah untuk selalu jujur walau menyakitkan. Bisa jadi kan, kamu baru niat jujur, tapi belum mengatakannya eh,, ada orang lain yang melindungi mu.. hehe.

A yankee is a yankee

ini adalah kalimat yang diucapkan Adachi ketika dia sudah menyerah dan tidak tahu harus berbuat apa, karena sepertinya usahanya untuk menutupi ke-preman-an nya gagal total.

Kita tidak bisa menghapus masa lalu kita.. ya, sekalinya preman, selamanya preman.. mau berubah bagaimanapun kita ini tetep preman dulunya. (begitulah kira-kira).

So, why do you have to erase your past?
You are who you are because of your past, isn’t that so? So just play fair

Shinigawa di akhir ini keren sekali, dia bijak banget menasehati Adachi yang udah hopeless.

Kita tidak perlu menghapus masa lalu kita, justru masa lalu itulah yang membentuk diri kita saat ini. Jadikan itu sebagai bahan introspeksi kita untuk melangkah ke depan agar lebih baik.

Pecaaah meeen..
itu kayak pesan yang begini nih, “orang yang beruntung adalah orang yang hari ini bisa lebih baik dari hari kemarin, dan orang yang merugi adalah orang hari ini lebih buruk dari kemarin, dan orang yang sia-sia adalah dia yang hari ini sama dengan hari kemarin.”

Oke itu secuplik pesan yang aku ungkapkan di sini. sebenarnya buanyak banget pesan yang bisa diambil dari 1 film ini.

dan itulah kenapa aku suka nonton film jepang apalagi kalau pas butuh motivasi dan semangat.. hehe

sekarang lagi suntuk jadi butuh film yang kocak. nih lagi nonton Shiritsu Bakaleya Kou kou. Kocak abis. hahaha

This entry was posted in film and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s