art project [Leli] behind the scene

I love making new things. Especially an art things. So, i will call it as an art project. hahahaa.. that sounds great
Oke, my last art project was a photo album. It was not for me but for my friend that got married yesterday. And you must know that it was made heartfully. why? because I love making my friend smiles. ceileeee..bunga 

Entah ya, tapi aku secara pribadi merasa senang jika teman yang aku kasih itu puas banget. Tapi sayangnya mood itu terkadang tidak datang setiap waktu. Ya, aku tipe orang yang moody dan membuat karya not by order. Karena menurutku karya yang bagus dan bernilai tinggi itu adalah yang dibuat dari hati. Pernah dulu bikin semacam scrapbook buat teman deket yang nikah juga, nah teman2 yang lain pingin dan pesen buat nikahan mereka kelak.. hahahahha. Dalam hati sih mau-mau aja, tapi ketika waktunya tiba, sama sekali ga ada ide, ga ada mood, ga ada inspirasi. Dan aku bukan tipe orang yang membuat sesuatu sekenanya, ala kadarnya. Mending ga buat sama sekali daripada yg aku hasilkan hanya “cuma kayak gitu doang”. Perfeksionis. susah emang kalau punya watak kayak gitu.. jadi ga bisa fleksible.. huuuft lirik

Dan entah kenapa, weekend kemarin bisa-bisanya dapat ide buat album foto. jadi kronologinya begini:
1. orang yg urunan kado tinggal 3 orang (tersisa kami yang belum nikah, ngenes banget yaa,, hahaha). Besarnya iuran standar sama seperti kalau kita masih ber-8 ber-7 ber-6.. yaa jadi bisa diperkirakan uang yg terkumpul sebesar apa.. sedikit.
2. Biasanya kita beli 1 kado dan satu lagi ucapan. Jadi ada dua jenis gitu.. Nah ucapan inilah yang suka kita bikin unik2 bentuknya, Ga mainstream cuma selembar kertas gitu doang. Karena kita ingin nunjukin kalau kita itu sayang sama dia.. hehee.. so sweet ya. Tapi berhubung dana kali ini minim sekali kita harus puter otak.
3. Mau bikin 2 kaya di atas tapi dana sedikit masih harus dibagi 2, ga maksimal bgt. atau bikin 1 tapi udah mencakup keduanya dan cocoklah buat dijadiin kado? oke fine, opsi kedua lebih memungkinkan. So, apa dong?

ALBUM FOTO. Yes aku dan Septi sudah memutuskan untuk membeli ini saja. Untuk kado sudah oke, mau bikin ucapan unik? Tinggal kreasi dikit aja pakai foto-foto yg dipunya. Masalah foto aku serahkan ke septi. Untuk ide isi biar aku. Sok-sokan banget padahal belum tau mau buat apa.

Oke, keputusan diambil kamis malam. sampai hari jumat ga punya ide mau gimana bentuk ucapannya, padahal jumat itu hari full bagiku. tapi sempet search harga foto album di toko maga, ga cocok lebih terjangkau di Mirota kampus ternyata. besok sabtu baru bisa ke sana.

Jumat malam… utak atik corel, buka-buka folder foto dari septi dan silvi. trial eror. sampai malam banget. GAGAL total. Tapi pas trial eror itu sambil mikir juga konsepnya mau dibikin apa. Jadi, malam itu memang sama sekali ga dapet apa-apa, desain gagal, foto juga belum kepilih. tapi alhamdulillah sudah ada gambaran ide di kepala. tinggal dieksekusi hari Sabtu. (FYI nikahnya AHAD jam 12, jadi waktu tersisa tinggal 30 jam). Dan baru inget, ada rapat Kaltara hari Sabtu dari jam 11-19.00 di Santika. oh meeeeeen. njuk kapan? Apa ijin aja cuma sampai sore yaa. hmm.

Sabtu pagi, kontak2 staf ahli mbahas buat rapat. done. masih ada waktu, pilih2 foto, dan edit-edit sebentar biar ga keliatan blur. Maklum ya, foto2 yg dipunya cuma hasil jepretan kamera hp jadi resolusinya rendah .. sssstttt.bisik
Sabtu jam 11. Harusnya sdh mulai rapat nih, tapii,, feeling ku mengatakan kalau ga bakal mulai jam segitu.. Akhirnya memutuskan ijin dateng habis dhuhur dan nylesein dulu nih proyek. Sholat dhuhur terus cus ke Santika. eh, subhanallah banget feelingku tepat. Acaranya pertama makan siang dulu..jadi rapatnya belum mulai, pas banget kan. hahahahaha. Rejeki emang ga kemana,, mau tau menu makan di santika? komplit plit plit, suka pokoknya..

Sabtu siang.. suasana rapat, giliranku belum sampai,, masih lama banget bahas infrastruktur. Buka corel lanjut edit.. hehehe jangan ditiru yaa.. ga baik ini. Bukan staf teladan. Tapi meskipun sambil utak atik corel, telinga tetap fokus ke pembicaraan rapat yaa. done! 3 halaman terselesaikan. amazing banget dah aku ini.

Sabtu sore.. niat mau ijin pupus sudah. Ga mungkin banget.. ini rapat penting, dan aku ijin buat hal sepele gitu rasanya hati ini tidak sampai. akhirnya tetap ikut sampai malam.. Malam tiba, dan ternyata udah pesan sekaligus utk makan malam di sanaaaa.. aaaaaaaaaak sukaaaaaaa. Diner di hotel ye ye ye. Ga kuat deh kalau harus bayar sendiri. katanya mahal per orangnya.. haha.

Antara lapar, nafsu, dan art project.

Sabtu jam 20.00.  Dilema banget, sayang kalau mau pulang setelah makan nasi doang,, masih banyak menu lain. Tapi, keburu toko tutup nih. kata temen mirota tutup jam 9, masih harus ke toko merah juga. Tapi akhirnya nafsu lah yang menang. Memang benar, kata Imam Ghozali yang paling besar di dunia itu adalah Nafsu. Puas menyantap hidangan hingga pukul 20.30. cukup. pamit dan cus ke mirota. Alhamdulillah belum tutup, masih rame banget. Album foto dapet, kertas yg rencananya utk cover album yg harus dibeli di toko merah –> ga ada! aduuh, harus mikir konsep lain. jujur ya, pas di toko merah itu, masih ga tau sampul album fotonya mau dibuat gimana. Asal ambil kertas yang teksturnya keren dan warnanya cocok, ntar dipikir di rumah.

Sampai rumah pukul 10.00 maklum malam minggu macet, jadi ga bisa wus wus wus..

Selesai? beluuuuuuum.. fotonya aja belum jadi, nyetak dimana aja juga belum tau, covernya aja belum disampul. Kenapa covernya belum di sampul? Jujur aja, karena album foto yang harganya terjangkau itu covernya jelek banget!!!! norak. ga ada elegan-elegannya sama sekali. Bahkan aku sama septi sempat kepikir mau beli yang covernya kartun aja harganya murah banget soale, tapi dalemnya sama lumayan lah.. Tapi ga jadi, ada yang lebih ekonomis ternyata, karena lembarannya lebih banyak dan kertas yang dipakai lebih bagus.. (prinsip ekonomi tetap dijalankan).

Jadi malam itu aku nerusin milih foto yg cocok, dan edit. Maklum ya, karena kita belum kenal lama sama mbak satu ini, jadi foto-foto sama dia terbatas banget jumlahnya. masak iya mau diisi foto-foto kita yg tanpa dia semua? Ga mungkin, ga berkesan dong album fotonya.. bayangin aja deh, kamu dikado album foto, plus ada foto2 teman kamu di dalemnya, tapi foto kamu cuma ada 2 biji, dan foto teman2 kamu ada 20 biji.. Seneng sih, tapi pasti ada perasaan biasa aja. Nah aku ga mau kayak gitu. Konsepku adalah: Foto dia sedikit, tapi dari foto yg sedikit itu, aku harus bisa dapet moment yg pas yg bisa bercerita dan mewakili semuanya. Sehingga album foto ini tu: kado, berkesan, ga muspro, bisa bercerita banyak hal, manfaat karena masih bisa digunakan sama dia sisa lembaran kosongnya.. Done! edit foto selesai jam 2 malam. tinggal cetak besok pagi. dan masih ga tau mau cetak pakai apa, di mana, bagaimana.. penuh resiko. i like it :p

Dan malam itu, sukses aku tidak tidur. Tidak mengantuk sama sekali. malah aku sendiri yang excited banget. Ibuku aja sampai heran.. “kui ki sopo to nduk kok aku ra kenal.. “. hahahahaha.

AHAD subuh. selesai menyulap cover album fotonya.. yeyeye.. sebenere masih au aku tambahi pernak pernik dan judul bear di depan, tapi ternyata ini minggu dan toko alat jahit deket rumah tutup. ya udah gitu aja.. huuuft.

jam 8 pagi, nanya adek kalau cetak di printshop, bukan cetak foto gimana hasilnya. katanya bagus, kalau ga percaya liat di masjid, kemarin habis cetak foto idul adha. oke, fix.. jam 9 ke masjid liat contoh, not badlah.. meski masih bagusan kalau cetak foto beneran.. tapi ga mungkin waktunya ga sampai dan ukurannya kan aku setting A3. bukan standar foto. hehee. Akhirnya aku putuskan ke print boys di perempatan Gading. bukan tempat langganan sih, tapi untuk waktu yang mepet seperti ini, nyetak di tempat yg terkenal sangat tidak disarankan karena pasti lamaaaaaaa.

wus wus wus.. 15 menit kayaknya udah jadi.. tinggal potong-potong di rumah dan tempel tempel..

IMG_20141019_102848[1]

ini cara ngirit cetak foto hehee

Jadi orang itu harus bisa ngelola duit, biar urusan jadi enak.. kalau bisa dapet murah gini kan enak.. cetak kertas ivory 230 (sengaja ga ambil yg plg tebel biar ga susah guntingnya) A3 harga 3000 per lembarnya. tapi kalau cetak >4 lembar harga @ Rp 2500. Aku mau cetak 4 lembar, totalnya berapa anak-anak? ya pinter Rp 12.000,00. Kalau aku cetak 5 lembar total berapa? Rp 12.500,00. Jadi aku pilih yang mana? semua pasti udah tau, jelas pilih cetak 5 dengan nambah 500 rupiah laah.. tetep ga mau rugi dong. Kan nanti sisa 1 lembar bisa buat aku.. hihihiii..

cover dalam, dan halaman 1

cover dalam, dan halaman 1

itu cover dalamnya wuidiiiih, bikinnya berjam-jam ga jadi2. maklum udah lamaaaaaaa banget ga mainan sotoshop. jadi tiba-tiba lupa semua caranya croping gambar utama tanpa backgroundnya. kalau yg halaman 1 yg bikin susah adalah nyari foto teman2 yg close up, dan pas keliatan elegan. Maklum anaknya alay-alay.. ditambah kumpulan foto-foto resolusi rendah.. nah lo..

IMG_20141019_113701[1]

halaman 1

bukan Dina namanya kalau ga bisa memanfaatkan sesuatu apa adanya..

ucapan dari temen-temen

ucapan dari temen-temen

Sebenarnya inti dari album foto ini sih ya cuma gambar di atas itu.. ucapan dari temen-temen.. tapi kalau cuma itu ajaaa.. sepi aja gitu kesannya.. Oiya, sebenarnya aku ragu juga sih nyetak pakai kertas ivory, karena kan ga kinclong gitu kaya foto pada umumnya.. mau skalian dilaminasi glossy biar kinclong,, tapi ga jadi karena mahal 4000/lembar.. yaudah ga usah.. eh ternyata plastik penutup foto yg di album itu udah bikin foto jadi kaya glossy beneran.. hehehe..

halaman 7

Halaman 7 aku bikin yg ga serius.. ya buat lucu-lucuan aja.. kepikiran pas liat foto temen-temen kok ada moment berbeda-beda tapi konsepnya sama yaitu mau memberikan suatu barang.. ahahaah dibuat aja cerita.. halaman2 sebelumnya kumpulan foto2 dari nikahan mereka satu persatu, buber, main, dsb.

halaman terakhir, halaman 8 isinya love gitu..

halaman terakhir nih..

selesai deh.. semoga hal yang “murahan” ini ga mengecewakan yaa..

jadi_superstar_menang

Yang jelas pas ini jadi, sempet mikir,, “apa ga usah dikasih aja yaa.. buat aku sendiri..” hahahah secaraaa aku aja ga punya album fotoooo.. Ibu aja juga bilang,, “nah besok foto-foto keluarga juga dibuat kayak gituu kan bagus.. rumah aja ga punya foto-foto kok.. ”

hmm.. semoga mood ku bisa kembali ya buk,, masalahnya aku ini tipenya males mengulang hal yg sama.. maunya bikin sesuatu yg baru..

This entry was posted in goresan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s