Sop Ayam (Chicken Soup)

Halo-halo saudara

Akhirnya saya kembali ke peradaban manusia sebenarnya setelah menjelma menjadi robot untuk beberapa bulan belakangan ini. Time to masak-memasak :))

Ok untuk kali ini ada makanan yang sudah lama sekali ingin saya buat tapi karena tidak ada support dana jadi tidak bisa terlaksana. Dia adalah Sup Ayam. Ini gegara ibu yang 3 minggu yang lalu opname dengan diagnosis melena yang menyebabkan Hb beliau turun drastis bak semut jatuh dari pucuk menara. Btw, kalau semut jatuh itu sakit ga ya? kok kayaknya ga sakit sih..

Nah,, karena itulah saya sebagai ahli gizi keluarga di keluarga saya sendiri sudah merupakan wajib ain untuk mengatur makan ibu saya agar Hb nya dapat kembali normal. Nah, antara musibah dan berkah. Menu keluarga saya jadi seperti menunya orang kaya setelah ibu saya sakit. setiap hari selalu ada daging. Kenapa hanya daging (sapi) saja?

alasan:

1. Karena daging qurban kemarin kami masih, jadi kami tidak perlu beli daging sapi yang harga per kilonya makin hari makin melayang jauh ke angkasa.

2. karena ibu saya tidak suka ayam, hal ini disebabkan karena kalau beli ayam goreng atau masakan ayam, pasti ayamnya broiler, atau lehor. Nah jadi, kalau mau masak ayam mau tidak mau ibu harus beli ayam kampung yang harganya cukup bikin meringis kalau harus beli setiap hari.

3. karena daging merah ini konon kata para ilmuwan cepat menaikkan Hb karena kadungan zat besinya (Besi heme) yang mudah diserap.

Akhirnya, agar tidak bosan makan daging sapi ibu memutuskan untuk membeli satu ekor ayam kampung di kampung sebelah. Harga per ekor ayam ini antara 50-70 rb tergantung ukuran ayamnya. Momen ini tidak saya sia-siakan untuk membuat menu yang saya idam-idamkan sudah lama. Sup Ayam yang kaya punyanya Sup Ayam Pak Min Klaten itu.

Resep:

  1. Ayam kampung (saya ambil  5 potong saja, biar ga dimarahin ibu kalau uji coba saya gagal)
  2. Air untuk membuat kaldu
  3. bumbu:
  • merica (saya pakenya yang butiran jadi 1 sendok dihaluskan)
  • bawang putih 3 siung digeprek
  • pala (kalau bubuk satu ujung sendok aja, kalau biji satu iris 0.5 cm saja lalu dihaluskan bersama merica)
  • daun bawang (loncang) 2 batang
  • jahe satu iris tipis (digeprek)

CARA

Ayam direbus untuk mendapatkan kaldunya. kalau mau kaldunya tidak berminyak akibat lemak-lemak ayam, maka cara merebus dilakukan 2 kali. yang pertama sebentar saja, lalu ganti air baru, rebus yang kedua lama dengan api sedang/kecil agar kaldunya keluar maksimal.

Haluskan merica dan pala, kemudian tumis sebentar bersama bawang putih. masukkan ke dalam rebusan ayam tadi. tambahkan garam secukupnya dan gula sedikiit saja untuk penyeimbang rasa. Dan masukkan jahe yang sudah digeprek tadi.

Sebenernya saya tidak menggunakan daun salam, tapi karena pada awalnya daging ayamnya sama ibu saya sudah direbus semua menggunakan daun salam akhirnya punya saya juga ada sedikit campuran daun salamnya.

Daun Bawang diiris-iris lalu dimasukkan ke dalam rebusan semua itu. Nah, Masalahnya, pas saya masukkan daun bawang itu, kuah sup nya jadi buthek (keruh). Saya tidak tahu sih itu karena bumbu-nya atau daun bawangnya.

Rebus sampai si ayam empuk dan bumbu dirasa sudah merasuk. dan selesaiii. tinggal ditaburi bawang goreng aja..

simple kaaaan >.< >.<

Buat saya, rasanya mantap. Dari pada beli, dapet sedikit, buat ini bisa untuk se keluargaaa🙂 hehe tapi emang ayam kampungnya mahal sih. pantes saja harga sop ayam itu mahal yaa. Tolong bedakan antara ayam kampung dan ayam kampus loh ya..mereka beda kasta. Ayam kampung itu tidak sebohai ayam kampus tapi mantapnya lebih mantap ayam kampung, jadi mending cari yang kampungan aja deh kalian (loh ini bahas apaaaan?)

Maaf, tidak ada fotonya, karena keburu habis dulu dimakan.

This entry was posted in food and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Sop Ayam (Chicken Soup)

  1. hudairy says:

    tepok jidat hahahhaa butheknya mungkin karena bumbu diin haha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s