SEDEKAH – live your life :)

Ngomongin sedekah itu memang tidak ada habisnya. Apalagi ngomongin keajaiban yang ditimbulkan oleh sedekah. Lebih bikin takjub lagi, bikin nalar ini tak sanggup lagi bekerja. Ya, karena efek sedekah ini urusannya sudah bukan pada taraf nalar lagi. Tidak nyampai nalar kita buat memahaminya. Karena menurut saya, semua hal yang berhubungan dengan Sang Maha Kuasa tidak perlu dijelaskan dengan nalar dan logika. Cukup kita imani.

Pernahkan merasakan menakjubkannya sedekah? Sekecil apapun yg kamu sedekahkan? Saya pernah, seriing malah. salah satunya pernah saya singgung di sini.

Simpel banget kan? Ya, karena Allah pernah bilang kalau kebaikan sekecil zarrah akan mendapatkan balasannya, begitu juga dengan kejahatan, sekecil zarrah pun pasti akan ada balasannya. Adil kan? Siapa coba yang lebih adil di semesta ini selain Allah?

Dan bagiku, sedekah itu bikin nagih. Bukan cuma masalah balasannya, karena itu pasti! Allah sudah janji itu. Di luar itu, ada hal lain yang juga tak kalah penting dan wajib kamu tau. Kepuasan, ketentraman, kedamaian, ketenangan, keluasan hati. Bikin hidupmu lebih hidup. live your life. Itu yang juga bikin nagih!

My Beloved Mom, Ustadz Yusuf Mansur, Ippho Santosa, @saptuari, Pak Jodi-Waroeng,  Mas Fanni Rahman-Pro U Media,  Muhammad Assad, dan masih buuuaaanyak lagi yg lain yang bisa kita denger kisah-kisahnya. Orang-orang di atas adalah sebagian orang-orang yang berhasil membuka hati saya, merubah mind-set saya, dan menggerakkan saya untuk senantiasa berada di jalan Allah, salah satunya dengan sedekah.

Memang dari keluargalah pendidikan dasar itu diajarkan dan lewat ibulah memang seharusnya pendidikan itu bermula. Alhamdulillah saya memiliki Ibu yang keren sekali (dalam kacamata saya). Beliau selalu mengajarkan kepada saya untuk berbagi. Beliau yang mengajarkan kepada saya untuk berzakat (meskipun materi yang saya punya belum sampai pada taraf wajib dizakatkan). Beliau selalu berpesan pada saya apabila mendapat uang dari hasil nge-Les, kerja, proyek dll , sedekahkan 2,5 % minimal, berapapun yang kamu dapatkan. Beliau yang selalu mengajarkan kepada saya untuk berinfaq setiap kali sholat jamaah ke masjid, sedikit tidak apa-apa yang penting rutin. Beliau juga yang mengajarkan kepada saya untuk berbagi pada anak yatim,  dan masih banyak lagi. Sepertinya butuh episode khusus menceritakan Beliau🙂

Lewat tausiyah Ustadz YM di tv, saya terketuk tentang sedekah. Ini menguatkan ajaran-ajaran ibu saya. Dulu, mendengarkan ceramah ustadz ini sepertinya kok “masa sih”? Dulu sampai hafal, kalau ustadz YM ceramah pasti temanya ga jauh-jauh dari sedekah. Ya, dulu sih iya-iya aja, ga ada action. Tapi makin ke sini, makin “bener banget” kata ustadz ini.

Memasuki episode saya mengenal dunia maya-sosial media. Dari situ saya mengetahui banyak orang hebat. Motivator, trainer, pengusaha, penulis bernama Ippho, yang bukunya akhirnya saya beli juga. Penulis buku best seller Notes from Qatar Muhammad Assad. dari Blog-nya saya baca keajaiban sedekah yang dikemas dalam bentuk kisah perjalanan hidupnya (baca sendiri saja biar afdol). Sungguh cerita yang tidak masuk akal, sungguh kejaiban yang tidak bisa dinalar dengan logika manusia. Sungguh bahwa Allah itu benar-benar menepati janji-Nya. Sungguh Allah itu Maha Pemurah. Sungguh segalanya itu adalah milik Allah, dan jika kita menginginkan sesuatu maka mintalah pada-Nya! Karena Dia pernah berfirman, “Berdoalah kepada-Ku niscaya akan ku peragkenankan bagimu.”

Cukup, sampai pada taraf ini saya tidak mau menyia-nyiakan hidup saya hanya dengan membaca kisah-kisah inspiratif mereka. Tidak, saya tidak mau karena saya harus action. Dari situ, saya mulai menata hidup saya. Dengan apa? dengan kembali lagi sama Allah. Ya, karena point dari segala sesuatu itu di situ. Sudah jengah rasanya orientasi hidup ini, ambisi ini hanya sebatas dunia saja.

Mulailah saya membiasakan diri lebih mendekat pada-Nya, dimulai dari hal-hal kecil seperti yang diajarkan ibu saya. Mulai di sini maksudnya adalah mulai merutinkan. Dan kamu tau yang terjadi? hidup ini rasanya tenaaang sekali, meskipun sedang banyak masalah. Karena saya Punya Allah. Saya mulai merasakan saya bisa berdialog dengan-Nya. Dan itu selalu membuat saya merasa yakin bahwa Allah itu dekat. bahkan lebih dekat dari urat leher kita. Dan Allah itu selalu menjawab setiap doa kita, dengan berbagai cara dan bentuk.

Allah memperlihatkan kebesaran-Nya lewat hamba-hambaNya yang men-sedekahkan harta, jiwa, pikiran, tenaganya di Jalan Allah. Lihatlah Waroeng Group-nya Pak Jody, Kedai digital dan Jogist-nya Saptuari, Pro-U Media-nya Mas Fanni. Sedekah mereka itu tidak tanggung-tanggung. Gerakan yang mereka ciptakan itu bisa menggerakkan banyak orang berduyun-duyun dengan ikhlas menyedekahkan hartanya. Lalu apakah mereka miskin? Apakah harta mereka habis karena dibagikan? Lihat saja sendiri buktinya di Jogja. Itu salah secuil bukti kebesaran Allah, secuil bukti bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan hamba-hambanya yang berjuang dan berkorban di Jalannya. Hidup mereka tidak sekedar hidup. Hidup mereka benar-benar hidup. Sedekah menghidupkan mereka.

Saya belajar kehidupan dari mana pun. Saya belajar kearifan hidup dari siapa pun. Bahkan dari seorang anak kecil, bahkan dari seekor semut, bahkan dari seorang peminta-minta.

tiket

Siapa bilang kalau mau naik pesawat harus punya uang dulu?
Siapa bilang kalau mau pergi mengarungi Bumi-Nya Allah harus punya uang dulu?
Siapa bilang kalau  menginap di hotel terbaik di suatu tempat, berhari-hari, tidak bisa gratis?
Allah yang punya semuanya, Allah yang mengatur semuanya. Kalau Allah berkendak, tidak ada uang pun bisa. Kalau Allah berkehendak, ada uang pun kau belum tentu bisa.

100_1827

Welcome to Tanjung Selor😀

Selamat datang di dunia keajaiban! Selamat datang di dunia tanpa nalar!

This entry was posted in adventure and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

