Gizi Seimbang

Mungkin ada beberapa dari kalian yang belum tahu menahu tentang prinsip gizi seimbang. Ya wajar sih, karena sejak mulai ikut posyandu, TK, SD, SMP, sampai SMA yang diajarkan kepada kita para siswa adalah prinsip atau semboyan 4 sehat 5 sempurna. Jadi kalau orang indonesia ditanya bagaimana makanan yang sehat itu, sudah otomatis jawabnya 4 sehat 5 sempurnašŸ˜€ hehe.Ā 

Sebagai salah satu health provider yang sedikit paham akan hal ini, saya merasa memiliki beban amanah jika tidak menyampaikannya. Sebenarnya saya sudah pernah menyampaikan ini lewat sebuah buletin di kampung saya. Namun, saya tidak terlalu yakin kalau itu dibaca semua yang punya buletin karena font nya terlalu kecilšŸ˜€šŸ˜€

oke langsung saja, jadi bagaimanakah prinsip gizi seimbang yang benar menurut Depkes? Yaitu yang memuat 13 Pesan Umum Gizi Seimbang (PUGS). Waaah banyak ya. Pada saya awalnya saya sempat berpikir daripada menghafal segitu banyak kenapa ga yang awal saja, cukup menghafal 5? Ya, memang benar. Sebetulnya 4 sehat 5 sempurna itu merupakan bentuk sederhana dari 13 pesan gizi seimbang juga. Bentuk sangat sederhananya. Ya, untuk mengenalkan makanan sehat pada anak kecil, semboyan 4 sehat 5 sempurna itu memang cukup simple. Akan tetapi semakin bertambahnya pengetahuan seseorang, maka ilmu juga harus di update. Tidak cukup hanya dengan mengenal 4 sehat 5 sempurna karena masih banyak kekurangan dalam semboyan tersebut, misalnya saja pada point 5 sempurna ituĀ seperti mengkultuskanĀ mengagungkan salah satu jenis makanan yaitu susu. Jadi, kalau menurut saya mengenalkan anak kecil dengan konsep sederhana zat gizi dasar pada 4 sehat 5 sempurna itu boleh-boleh saja (dengan sedikit modifikasi), namun tidak untuk jenjang pendidikan berikutnya.

Nah, kenapa dari 4 sehat 5 sempurna berkembang menjadi 13 PUGS?Ā 

Setiap orang memerlukan 5 kelompok zat gizi ini dalam jumlah cukup untuk hidup dan meningkatkan kualitas hidup. Apa saja ke-5 zat gizi itu? mereka adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Yang penting dan sering disepelekan, manusia juga memerluka air dan serat untuk proses faali dalam tubuh.

Nah, komposisi setiap jenis makanan, secara alami memiliki keunggulan dan kelemahan tertentu. Misalnya ada jenis makanan yang kaya sumber karbohidrat namun kurang vitamin dan mineral, ada yang kaya akan lemak namun kurang karbohidrat. oleh karena itu, konsumsi makanan yang yang beraneka ragam akan membantu tubuh menyeimbangkan kebutuhan zat gizi tubuh yang diperlukan agar tercipta kondisi sehat. Jadi, pada intinya untuk mencapai asupan gizi yang seimbang tidak mungkin hanya dipenuhi oleh satu jenis bahan makanan, akan tetapi harus terdiri dari beragam jenis makanan.

Kemudian kita kenal juga dengan istilah interaksi zat gizi. Maksudnya adalah adanya ketergantungan antar zat gizi satu dengan yang lain agar terjadi penyerapan yang optimum. Misal ni ya, kita kenal vitamin larut lemak yaitu ADEK, nah, tanpa adanya lemak maka vitamin ini tidak akan larut. Kemudian ada hubungan penyerapan kalsium dengan vitamin D, Peningkatan penyerapan zat besi (Fe) dengan vitamin C.

Nah, seperti yang sudah saya sedikit jelaskan di atas, bahwa pada semboyan 4 sehat 5 sempurna jaman dulu, susu seringkali menjadi hal yang benar-benar diistimewakan, mendapat pujian yang berlebih karena bernilai gizi tinggi. Sehingga menimbulkan opini, makanan lain kurang bergizi. Dan orang tua akan sangat bangga sekali jika anaknya minum susu, ya meskipun anak tidak mau makan apa-apa, asalkan minum susu, sang ibu sudah tenang. Sekarang sudah bukan jamannya lagi mengagung-agungkan satu jenis makanan. kini saatnya masyarakat terbuka wawasannya bahwa setiap jenis makanan memiliki peran masing-masing dalam menyeimbangkan asupan zat gizi harian.

Selain itu, semboyan 4 sehat 5 sempurna itu juga terkadang menimbulkan salah persepsi di masyarakat. Mereka tidak mempedulikan jumlah yang dimakan, asal sudah mengandung 4 sehat 5 sempurna, itu sudah cukup untuk bekal hidup sehat. Padahal kita tahu, konsumsi makanan tinggi lemak dan kurang serat (buah sayur) akan berdampak pada penyakit jantung. Banyak makan buah namun sedikit sekali protein bisa menimbulkan anemia. Itulah mengapa, semboyan 4 sehat 5 sempurna sangat butuh untuk direvisi.

So, dari berbagai penjelasan di atas, penting sekali bagi kita mengenal 13 PUGS untuk menjaga badan snantiasa sehat. Bukankah badan yang sehat penting sekali untuk modal utama melakukan aktivitas dengan optimal? Dan jangan lupa juga, bukankah menjaga tubuh tetap sehat itu merupakan amanah setiap dari kita yang wajib dipertanggungjawabkan kepada Sang Pencipta?

hehe langsung saja nih..

13 Pesan Umum Gizi Seimbang

  1. Makanlah aneka ragam makanan
  2. Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi
  3. Makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan Energi
  4. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai 1/4 kecukupan Energi
  5. Gunakan garam beryodium
  6. Makanlah makanan sumber zat besi
  7. Beri ASI saja pada bayi sampai umur 4 bulan (menurut PP tahun 2012 tentang menyusui, ASI ekslusif itu diberikan selama 6 bulan) dan tambahkan MP-ASI sesudahnya
  8. Biasakan makan pagi/sarapan
  9. Minumlah air bersih yang aman dan cukup jumlahnya
  10. Lakukan aktivitas fisik secara teratur
  11. Hindari minum minuman beralkohol
  12. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan
  13. Bacalah label pada makanan Ā yang dikemas

Untuk penjelasan lebih lanjut, akan dijabarkan di postingan selanjutnya ^^v karena sekarang sudah malamšŸ˜€

Ā 

referensi:

Direktur Jendral Bina Kesehatan Masyarakat. 2002. dari situs gizi.depkes.go.id

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s