Takoyaki Time :D

It has been a long time, i didn’t use my kitchen to experiment. And now, in my spare time, let’s do it!

Sekarang ceritanya lagi pingin buat poffertjes. (Apa? kopercis? Asing banget sih..)

Ya ini memang kue asing, kue tradisional Belanda sepertinya. Setelah search banyak resep saya menyimpulkan tidak terlalu susah, bahkan simpel. Namun saya memutuskan untuk tidak jadi membuat kue ini! Loh? ga jelas Setelah saya amati bahan-bahan di dapur, ada bahan kue saya yang habis, seperti yeast/ragi, tepung terigu protein tinggi (cakra), dan toping yaitu gula halus/coklat/strawbery cair. Mau keluar males, harus pake motor.

Pernah saya cerita kan, prinsip saya masak itu adalah memaksimalkan bahan-bahan dan yang ada di dapur/kulkas. Jadi kalau bahan tersebut masih bisa di-substitusi dengan bahan yang ada di rumah, maka no problem. Tapi kalau harus beli ini itu, ah mending cari resep lain. Akhirnya, setelah berpikir sangat keras sejenak, sepertinya membuat camilan ini cukup simpel, banget malah. Takoyaki. Ya, meskipun loyang takoyakinya ga punya, saya bisa pakai loyang Poffertjes tadi, hihihi.

Dengan sisa-sisa bahan di freezer, tepung seadanya, ditambah loncang/daun bawang biar lebih mantap, maka beginilah jadinya..

Image

Sebenernya mau dinamain takoyaki juga aneh, soalnya isinya ga pake tako (gurita). Mau diisi cumi, cuminya masih beku di kulkas -,-bentuknya pun nyleneh aneh karena pake loyang poffertjes, bukan bola, tapi kaya bakpia.. whatever yang penting rasanya sama enaknya :v

Kalau buat takoyaki biasanya saya pinjam loyang punya sepupu, dia juga yang dulu ngajari buatnya bahkan sampai jualan takoyaki. Ya, dulu awalnya ikut bantuin dia buat 2000 butir takoyaki masak di tempat (suatu acara). wow kan. Tangan saya sampai memerah, panas, dan perih. Banyak sih pengalaman diajarin dan diajak jualan sepupu saya itu dalam pertakoyaki-an hahaa. Coba kapan-kapan klo ga lupa saya posting.😀.

This entry was posted in food and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

