Kwetiau Goreng

Siang-siang jam 12 itu memang sip kalau mikirin makanan. [nomer satu jelas sholat yang utama hahaaa]. Berawal dari melihat kwetiau mentah yang tergeletak semena-mena di dapur, saat ngerjain tugas di depan laptop pun pikiran ini tidak henti-hentinya memikirkan beragam makanan yang bisa dibuat dengan kwetiau itu. Menyerah, kutinggalkan kerjaan yang sedang menunggu deadline untuk memenuhi nafsu perut ini. Dengan koneksi inet yang cukup oke, dalam hitungan detik saya sudah sampai ke berbagai situs yang menyajikan beragam resep kwetiau. Sungguh menggiurkan masakan cina yang satu ini. Akhirnya tibalah ke blog yang menyajikan resep simpel tapi kayaknya enak. Saya lebih suka mengambil resep dari bloger yang memang bener-bener udah nyoba tuh resep. Ini resep aslinya bisa dilihat sendiri yah.. kalau saya sudah modifikasi jadi beda banget hahaa

Kalau prinsip masak saya sih gampang, gunakan apa aja yang kita punya. Ga perlu beli yang susah-susah atau mahal selangit kalau lagi taraf experimen, kalau ga enak kan ga nyesel. Karena masak itu menyenangkan, jangan dibikin susah😀

taraaaa,, Kwetiau goreng dengan bahan seadanya di kulkas,, siap mengganggu pikiran anda yang sedang lapar :p

Image

Bahan:

  • Kwetiau kering (rebus setengah matang) [1/2 bungkus, 1 bungkusnya isi 4 -ga tau merk nya, mungkin sekitar 100 gr kali ya]
  • 1 buah sosis ayam
  • 30 gr daging sapi giling (cm nemu di freezer bahan sisa :D)
  • 1 butir telur
  • sosis (diiris tipis-tipis, lalu digoreng dulu)
  • sawi hijau, dipotong-potong
  • daun bawang/loncang, potong-potong, jangan tipis-tipis ya

Bumbu:

  • 3 siung bawang putih (cincang)
  • bawang merah (digoreng untuk taburan)
  • 1/2 sdt lada putih bubuk
  • 1/4 sdt lada hitam bubuk
  • 1 sdt margarin
  • garam secukupnya
  • kecap manis (selera masing-masing, karena aku suka manis jadi kecapnya banyak)
  • kaldu ayam (aku pake royco, dikiiiit banget, sebenernya ga make juga ga papa)

Cara Buat

  1. Siapkan semua bahan-bahan yang ada dulu, biar gampang masaknya, nggak wira-wiri istilah Jawanya.
  2. Bawang putih cincang ditumis dengan margarin hingga harum
  3. Masukkan telur ke dalam tumisan bawang putih, aduk-aduk hingga jadi scramble egg
  4. Masukkan sawi ke wajan, tambahkan air sedikit (kira-kira 1/2 gls)
  5. Masukkan daging, sosis, loncang. Kemudian tambahkan kecap, garam, dan kaldu
  6. Terakhir, masukkan kwetiau yang sudah direbus setengah matang. Aduk-aduk hingga campur dan pastikan kwetiau matang, tapi jangan terlalu kematangan yaa ga enak soalnya.
  7. Taburi bawang merah goreng

resep ini bisa jadi 3 porsi ukuran pas, tidak terlalu kenyang. Atau 2 porsi ukuran kenyang😀

This entry was posted in food and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s